Kamis, 29 November 2012

BAB III METODE PENELITIAN

NAMA : LINIE ASMARA

NPM : 14210043 

KELAS : 3EA17 

TUGAS METODE RISET 

BAB III 

METODE PENELITIAN 

3.1. Objek Penelitian 

Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini Alfamart yang berada di Sawangan kota Depok. Objek yang menjadi sampel adalah 50 orang pelanggan dari keseluruhan populasi yang diperoleh penulis dengan menggunakan Kuisioner. 

3.2. Data / Variabel Yang Digunakan 

Data atau variabel yang digunakan berupa data primer dengan menyebarkan kuisioner kepada pelanggan Alfamart Sawangan – Depok, yang pernah datang untuk berbelanja di alfamart tersebut. Kuisioner tersebut dibagi kedalam lima dimensi yaitu: 
  1. Dimensi Ketersediaan Produk 
  2. Dimensi Harga Produk 
  3. Dimensi Adanya Promo 
  4. Dimensi Keramahan Petugas 
  5. Dimensi Lokasi 
3.3. Metode Pengumpulan Data 

Penulis mengadakan proses pengumpulan data menggunakan cara field Research ( Penelitian Lapangan) yaitu penelitian lapangan yang mengumpulkan dan menerapkan beberapa metode antara lain: 
  1. Wawancara : Pengumpulan data yang dilakukam secara langsung berhadapan tatap muka dengan orang yang diwawancarai. 
  2. Observasi : Mengadakan pengamatan langsung objek yang sedang penulis teliti untuk mendapatkan informasi yang diperlukan sehubung tingkat kepuasan konsumen. 
  3. Kuisioner : Metode pengumpulan data dengan cara membagi angket kepada responden untuk diisi guna mendapatkan data yang diinginkan. 
3.4. Hipotesis Penelitian 

Hipotesis adalah pernyataan atau dugaan mengenai satu atau lebih populasi, hipotesis juga merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah. 

Hipotesis yang akan dibuktikan oleh penulis yaitu : 

Ho : Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan Alfamart Sawangan - Depok. 
Ha : Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan Alfamart Sawangan - Depok. 

3.5. Alat Analisis Yang Digunakan 

3.5.1. Skala Likert 

Skala likert yaitu mengukur sikap pendapat dan persepsi seorang atau sekelompok orang tertentu fenomena sosial jawaban tersebut dapat di skor ( nilai ). 

Dalam hal ini digunakan skala lima tingkat untuk memenuhi kepuasan pelanggan setiap tingkatan akan diberi bobot sebagai berikut : 
  1. Jawaban sangat setuju diberi bobot 5 
  2. Jawaban setuju diberi bobot 4 
  3. Jawaban netral diberi bobot 3 
  4. Jawaban tidak setuju diberi bobot 2 
  5. Jawaban sangat tidak setuju diberi bobot 1 
Adapun rumus yang di gunakan dalam skala likert :

Hasil = ( Jumlah sktor * jumlah sempel ) / jumlah pertanyaan
Jarak = nilai tertinggi – nilai terendah
Interval = jarak / banyak kelas

0 komentar:

 

Template Design By:
SkinCorner