Selasa, 23 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL 1

NAMA : LINIE ASMARA

NPM : 14210043

KELAS : 3EA17

TUGAS METODE RISET

ANALISIS JURNAL 1

Judul : Analisis Manajemen Pelayanan Mini Market dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada konsumen (Sawangan – Depok )

Nama : Ade Rachmawati Nurfitri

Tahun : 2011

Tema : Kepuasan Konsumen

Latar Belakang

Pelayanan yang dilakukan perusahaan kepada konsumen merupakan faktor yang sangat penting dalam mengembangkan perusahaan sekaligus mempertahankan konsumen yang ada. Hal tersebut harus dilakukan perusahaan ,baik perusahaan sekala kecil, menengah dan perusahaan besar. Perusahaan menghendaki konsumen tetap setia kepada perusahaan untuk jangka panjang. Dan untuk itu perusahaan harus memfokoskan setiap keputusan dan tindakan yang dilakukan adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Maka perusahaan harus melalukan banyak cara untuk menarik minat calon konsumen maupun konsumen yang setia.

Metode Penelitian

Sekala likert. Sekala likert adalah pengujian yang memungkin kan responden menjawab dalam berbagai tingkatan pada sebuah butir pertanyaan.

Analisa skala likert di gunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumenterhadap pelayanan alfamart, dengan memilih salah satu pilihan jawaban.

Kategori penilain dan besar bobot

Keterangan
Bobot
Sangat Setuju
5
Setuju
4
Netral
3
Tidak Setuju
2
Sangat Tidak Setuju
1

- Rumus yang di gunakan dalam skala likert :

Hasil = ( Jumlah sktor * jumlah sempel ) / jumlah pertanyaan

Jarak = nilai tertinggi – nilai terendah

Interval = jarak / banyak kelas

Manfaat Penelitian
  1. Pengukuran dapat di jadikan dasar untuk menentukan standar kinerja, yang dapat mengarahkan perusahaan terhadap peningkatan mutu dan kepuasan konsumen. 
  2. Agar dapat memotivasi untuk meningkatkan produktivitas. 
  3. Memberikan umpan balik kepada perusahaan. 
Masalah

Apakah alfamart ada faktor ketersediaan produk, waktu buka dan tutup, keramahan petugas, lokasi, kenyamanan, adanya promo discount yang dapat memberikan pelayanan kepuasan kedada konsumen.

Tujuan

Agar mengetahui apakah konsumen setuju terhadap pelayanan yang di terapkan di alfamart sawangan Depok.

Hipotesis
  1. Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart sawangan Depok. 
  2. Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart sawangan Depok. 
Hasil dan Analisis

Berdasarkan hasil kuesioner yang di peroleh dari 50 responden dengan menggunakan skala likert dari faktor-faktor ketersediaan produk menyatakan sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 29 responden atau 58%, netral 8 responden atau 16%, tidak setuju 2 responden atau 4%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan harga produk sangat setuju 6 responden atau 12%, setuju 11 responden atau 22%, netral 16 responden atau 32%, tidak setuju 17 responden atau 34%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan adanya promo discount sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 16 responden atau 32%, netral 15 responden atau 30%, tidak setuju 8 responden atau 16%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan keramahan petugas ketika pembeli hendak masuk dan keluar pintu sangat setuju 5 responden atau 10%, setuju 24 responden atau 48%, netral 13 responden atau 26%, tidak setuju 7 responden atau 14%, sangat tidak setuju 1 responden atau 2%. Berdasarkan lokasi sangat setuju 16 responden atau 32%, setuju 28 responden atau 56%, netral 6 responden atau 12%, tidak setuju 0 responden, sangat tidak setuju 0 responden.

Analisis

Berdasarkan analisis pembahasan yang dilakukan dengan metode skala likert diperoleh adalah konsumen menyatakan setuju terhadap pelayanan yang di terapkan pada mini market Alfamart. Dengan menggunakan skala likert diperoleh jumlah keseluruhan dengan rata –rata nilai 182,58 dengan kategori setuju.

Rekomendasi

Pelayanan pada alfamart sebaiknya ditambahkan dengan fasilitas pesan belanja melalui telpon agar tidak kalah dengan pesaing dan memper mudah pembelanjaan bagi konsumen.

Persediaan barang pada alfamart agar dapat disajikan lebih lengkap agar apa yang diinginkan konsumen pada saat mencarinya di alfamart dapat dipenuhi dan konsumen tidak kecewa saat mengunjunginya.

Sumber : majalah UG Jurnal

0 komentar:

 

Template Design By:
SkinCorner