Selasa, 23 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL 2

NAMA : LINIE ASMARA

NPM : 14210043

KELAS : 3EA17

TUGAS METODE RISET

ANALISIS JURNAL 2

Judul : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Mekarsari

Nama : Dohot Persadaan Pangihuta

Tahun : 2010 

Tema : Kepuasan Konsumen 

Latar Belakang 

Perkembangan perekonomian memegang peranan penting dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Seirng dengan pertumbuhan ekonomi yang maju dan berkembang berbentuk usaha eceran yang mengalami perkembangan yang cukup pesat adalah Supermarket dan Departement store. Hampir di setiap Ibu Kota Propinsi dan kota – kota besar lainnya bermunculan pasar swalayan dan Departement store dengan berbagai fasilitas dan pelayanan semakin lengkap untuk menghadapai persaingan ini dan agar tetap ramai di kunjungi konsumen, maka pasar swalayan harus melakukan berbagai jenis upaya dalam kegiatan pemasyarakatan.

Metode Penelitian

Obyek penelitian

Dalam penelitian ilmiah ini penulis memilih objek penelitian para konsumen pada Lemon Grass di Food Court Depok Town Square.

Data / Variabel

Data yang digunakan oleh penulis adalah data primer. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada konsumen Lemon Grass.

Pengumpulan data / variabel
  1. Wawancara yaitu dengan mendatangi dan memberikan pertanyaan kepada pelanggan. 
  2. Kuesioner yaitu dengan membagikan kertas yang berisi tentang pertanyaan – pertanyaan. 
Manfaat Penelitian

Bagi perusahaan sebagai masukan yang lebih baik kepada perusahaan dalam melaksanakan keputusan – keputusan pemasaran dan dalam menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya agar menjadi lebih baik. 
Bagi penulis untuk menambah pengetahuaan serta memperluas wawasan dan bahan perbandingan penelitian selanjutnya. 

Masalah

Hal – hal apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih alfamart mekarsari untuk belanja ?

Tujuan

Untuk mengetahui hal – hal atau atribut – atribut apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih alfamart mekarsari dalam belanja.

Hipotesis
  1. Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart sawangan Depok. 
  2. Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart sawangan Depok. 
Hasil dan Analisis

Berdasarkan hasil kuesioner yang di peroleh dari 50 responden dengan menggunakan skala likert dari faktor-faktor ketersediaan produk menyatakan sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 29 responden atau 58%, netral 8 responden atau 16%, tidak setuju 2 responden atau 4%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan harga produk sangat setuju 6 responden atau 12%, setuju 11 responden atau 22%, netral 16 responden atau 32%, tidak setuju 17 responden atau 34%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan adanya promo discount sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 16 responden atau 32%, netral 15 responden atau 30%, tidak setuju 8 responden atau 16%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan keramahan petugas ketika pembeli hendak masuk dan keluar pintu sangat setuju 5 responden atau 10%, setuju 24 responden atau 48%, netral 13 responden atau 26%, tidak setuju 7 responden atau 14%, sangat tidak setuju 1 responden atau 2%. Berdasarkan lokasi sangat setuju 16 responden atau 32%, setuju 28 responden atau 56%, netral 6 responden atau 12%, tidak setuju 0 responden, sangat tidak setuju 0 responden.

Analisis

Berdasarkan analisis pembahasan yang dilakukan dengan metode skala likert diperoleh adalah konsumen menyatakan setuju terhadap pelayanan yang di terapkan pada mini market Alfamart. Dengan menggunakan skala likert diperoleh jumlah keseluruhan dengan rata –rata nilai 182,58 dengan kategori setuju.

Rekomendasi

Pelayanan pada alfamart sebaiknya ditambahkan dengan fasilitas pesan belanja melalui telpon agar tidak kalah dengan pesaing dan memper mudah pembelanjaan bagi konsumen.

Persediaan barang pada alfamart agar dapat disajikan lebih lengkap agar apa yang diinginkan konsumen pada saat mencarinya di alfamart dapat dipenuhi dan konsumen tidak kecewa saat mengunjunginya.

0 komentar:

 

Template Design By:
SkinCorner